Rabu, 23 November 2016

[Excel] Mengenal kelompok menu grup Number di Format Cells

Pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa menu yang ada di Grup Number pada Format Cells.
Dikutip dari Excel Help, menu-menu ini berfungsi dalam merubah format tampilan dari data suatu sel tanpa merubah data itu sendiri. Format data ini tidak akan berpengaruh apa-apa jika ingin melakukan suatu perhitungan yang melibatkan data yang sudah di format tampilannya ini. Karena rujukan data yang dipakai dalam melakukan perhitungan terdapat di formula bar.
Cara menampilkannya mudah, cukup blok data sel tersebut lalu kamu bisa pilih macam-macam format yang kamu ingin kan di Tab Number pada Menu Home.
Adapun macam-macam format tersebut antara lain:
1.        General
Di menu ini, data sel ditampilkan apa adanya seperti yang kamu ketik tanpa ada format apapun.
2.      Number
Di menu ini, data sel ditampilkan dalam format angka lengkap dengan bentuk decimal nya. Kamu juga bisa mengatur banyak atau sedikitnya jumlah angka di belakang koma dengan memilih menu “Increase Decimal” atau “Decrease Decimal” yang juga terletak pada Tab Number.
Di menu ini juga kamu bisa memberi tanda pemisah jika angkanya berbentuk ribuan.
Selain itu, kamu juga bisa menampilkan format angka yang berbentuk negative.
3.       Currency
Di menu ini, data angka mu akan ditampilkan beserta simbol dari mata uang tertentu yang bisa kamu pilih juga. Seperti hal nya menu Number, kamu bisa mengatur banyak sedikitnya jumlah angka di belakang koma, tanda pemisah jika angkanya berbentuk ribuan dan menampilkan format angka yang berbentuk negative.
4.      Accounting
Fungsinya sama seperti menu Currency. Bedanya, di Accounting data ditampilkan rata kanan kiri. Biasanya, dalam melakukan perhitungan data, tampilan format inilah yang sering digunakan. Tapi di menu ini, kamu tidak bisa menampilkan format angka yang berbentuk negative. Hanya bisa mengatur banyak sedikitnya jumlah angka di belakang koma dan tanda pemisah jika angkanya berbentuk ribuan.
5.      Date
Sesuai namanya, di menu ini kamu bisa memilih ragam tampilan tanggal. Dari yang bentuknya pendek dan simple sampai yang bentuknya panjang. Tampilannya pun juga tergantung dari lokasi negara yang kamu pilih.
6.      Time
Pada menu Time, data akan ditampilkan dalam format waktu tergantung dari lokasi negara yang kamu pilih. Kamu juga bisa memilih jenis tampilan waktu yang ingin kamu tampilkan pada data waktu di suatu sel. Dan di formula bar, format waktu akan ditampilkan bersama format tanggal.
7.      Percentage
Di menu ini, data angka akan ditampilkan dengan symbol persen. Kamu juga bisa mengatur banyak atau sedikitnya jumlah angka di belakang koma.
8.      Fraction
Di menu Fraction, data akan ditampilkan dalam bentuk pecahan. Kamu pun juga bisa memilih jenis pecahan yang ingin kamu tampilkan pada data suatu sel.
9.      Scientific
Di menu ini, data angka mu akan ditampilkan dalam bentuk notasi perpangkatan yaitu mengganti angkanya dengan format E+n.
10.   Text
Mirip dengan menu general, data pada sel mu akan ditampilkan sesuai dengan apa yang kamu ketik.
11.     Special
Di menu ini, kamu bisa memilih data yang akan ditampilkan dalam bentuk Kode Pos, Nomor Telepon atau Nomor Keamanan Sosial tergantung dari lokasi negara yang kamu pilih.
12.    Custom
Khusus di menu ini, kamu bisa menciptakan banyak format pada datamu sendiri. Contoh nya seperti “5 buah” , “3 kali” atau “4 cabe”.
Caranya, kamu bisa klik kanan sel tersebut dan pilih format sel. Lalu, muncul kotak dialog Format Cells, pilih tab Number, pilih Custom.
Contohnya, di bagian “Type”, ketikkan: #”……”  atau “….”#. Titik-titik itulah kamu bisa masukkan kata-kata seperti buah, kali, cabe dan lain-lain.

Nah, itu tadi pembahasan tentang menu-menu di grup Number pada Format Cells.
Semoga bermanfaat… ^_*


Sampai jumpa di postingan selanjutnya… 

0 komentar:

Posting Komentar