Minggu, 06 Agustus 2017

[Sharing] Why zenius?


“zenius??
Apa itu??”

Hhmm..
Jadi, zenius merupakan tempat bimbingan belajar yang menyediakan video-video pembelajaran, disertai segudang soal+pembahasan, dari SD sampai SMA, dan juga ada bimbingan UN nya. Asiknya lagi, zenius juga menyediakan bimbingan Ujian Masuk Perguruan Tinggi seperti SBMPTN, Ujian Mandiri dan yang sejenisnya. Komplit.



Varian produk dari zenius nih macem-macem. Kalo mau belajar online bisa di zenius.net, kalo mau yang offline bisa pake CD multimedia, atau kalau mau online+offline bisa pilih Zenius Xpedia 2.0.

Nah, karena aku pernah jadi member zenius online, kali ini aku pingin nyritain tentang alasan-alasan kenapa aku memutuskan untuk belajar di zenius.net. Siapa tau tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan buat kalian yang tertarik untuk belajar di zenius.


Awal kenal zenius
Pertama kali, saat lagi blogwalking, aku nglihat iklan zenius yang wara-wiri di beberapa laman situs yang aku buka. Waktu itu ga kepikiran sih buat nge-klik iklan situs itu. Cuma liat bentar trus mbatin, “oh.. zenius...situs belajar online..hmm”. Udah gitu doang. Kali kedua, pas lagi nyari soal-soal UN Matematika. Sempet tertarik mau belajar disitu setelah ngelihat 1-2 video, tapi ga jadi karena ternyata belajar nya ga gratis. Hehe… (note: waktu itu masih ga memperhatikan biaya belajar di zenius, karena dulu nganggep nya pasti muaahaal banget nih buat belajar online nya). Karena ga gratis ya ga semua video bisa diakses. Harus jadi member premium dulu, baru bisa akses semua video nya.
Yaaa.. meskipun ga belajar di zenius, semenjak tahu ada zenius blog, aku jadi sering main ke sana. There are so much new and worth insights there…


Jadi, kapan akhirnya tertarik belajar di zenius?
Ceritanya, aku ga sengaja ketemu file soal TPA di laptop (mungkin dulu ga sengaja pernah unduh kali ya), trus iseng-iseng deh ngerjain soal TPA nya, eh ternyata ada banyak banget jenis soal TPA seng aku ga ngerti opo iki karepe trus ga ngerti pisan piye cara nggarape iki. Soal-soal matdas nya ga bisa di pakein rumus asal. Apalagi Verbal dan Figural nya yang sekali dilihat aja sukses paling bikin aku frustrasi :-D
Nglihat soalnya tuh rasanya ngelu, diem dan mau ketawa jadi satu di mukaku. (Note: Sebelumnya aku belum pernah membuka-buka apalagi ngerjain soal-soal TPA. Padahal udah pernah baca juga di zenius blog kalau soal SBMPTN apalagi yang TPA itu lebih susah dari soal UN. Tapi kok ya aku ga kepikiran untuk mulai ngelihat-lihat soal TPA supaya tahu tingkat kesulitan TPA itu kayak apa. Heran kan? Sama, aku juga :-D)

Lalu aku keinget dengan situs zenius.net.

So…

“Waahh.. kayaknya kudu belajar di zenius, nih”.


Kenapa harus zenius?
Bisa dibilang ini efek dari seringnya “nongkrong” di zenius blog. Aku kan sering baca-baca artikel zenius blog terutama yang berkaitan dengan SBMPTN, sampai akhirnya memunculkan suatu tagline di otakku, “Inget SBMPTN, inget zenius” (lucunya, tagline ini masih keinget sampai sekarang). Itulah sebabnya, ketika aku ngerasa butuh bimbingan buat memahami si TPA ini, tiba-tiba aja keinget zenius.
Makin mantap lagi setelah nglihat video nya, kalo zenius nawarin konsep belajar yang beda, seru dan ga ngebosenin. Nggak sekadar ngasi prediksi dan bahas soal. Nggak hanya sekadar hafal rumus dan materi-materi aja trus besoknya lupa. Tapi, belajarnya itu diarahkan untuk pahami dulu konsep materi nya. Ini poin paling menariknya, karena aku jadi keinget waktu persiapan UN Matematika ku dulu. Dengan modal soal-soal prediksi dan soal-soal tahun lalu, jenis soal yang menurutku sulit-sulit, aku hafalin berbagai rumus dan trik-trik cepat nya. Soal ini rumus cepat nya ini, soal itu trik nya itu (ada juga nih satu rumus yang kelihatannya cepet banget, tapi jadi kecewa karena ga paham cara penggunaannya :v). Akhirnya jadi nambah banyak hafalan baru daannn… tambah mumet :v Eh, pas UN nya, malah prediksi ujian nya banyak yang meleset. Model-model soal yang baru dan kerasa aneh buat aku bertebaran di mana-mana. Ini soal tentang apa ya? Ini pake rumus yang mana sih? Mau nerapin rumus cepat pun gagal karena banyak bentuk soal yang udah dimodifikasi. Sekalinya nemu soal yang modelnya persis dengan prediksi yang aku pelajari… eh waktu dipakein trik cepat malah ga ketemu jawabannya -_-, mau pake rumus yang biasa udah lupa-lupa ingat. Wes megeli tenan :v Jangan coba-coba untuk kepo gimana nilai dari UN Matematika ku itu.
Belajar dari pengalaman itu, aku jadi serius ingin tau seperti apa “cara belajar yang mengutamakan pemahaman konsep” ala zenius.
Selain itu, itung-itung aku juga bisa nyoba pengalaman belajar yang beda, hehe… Kan aku udah pernah nih ngrasain les privat waktu SD. Aku juga udah pernah ngrasain bimbel 2 kali, waktu SD dan SMP, lebih tepatnya menjelang UN. Nah, sekarang aku pingin ngrasain rasanya belajar online di zenius.net itu kayak gimana. Untuk orang yang agak susah adaptasi, belajar online bagiku sangat menguntungkan karena ga perlu adaptasi dengan guru dan kawan baru. Karena proses adaptasi ku yang agak lemot ini, jadi kadang suka sungkan-sungkan sendiri kalau mau minta penjelasan ulang materi sama guru les nya.
Ditambah lagi, aku juga sempet baca-baca testimoni pengguna zenius dan kompilasi artikel pemenang lomba zenius. Jadi tambah semangat buat belajar disitu. Keren banget nih kayaknya.
Last, soal biayanya. Waktu itu aku milih voucher zenius online yang 1 bulan seharga Rp 165.000. Kalau ditambah paketan internet 80.000 sebulan, totalnya jadi Rp 245.000. Lumayan. Harga nya nggak mahal-mahal amat.

Kesan setelah menjadi pengguna zenius…
Ada banyak sisi unik yang aku rasain ketika mengamati dan kemudian belajar dengan zenius:
Pertama, pilihan produk nya yang bervariasi tergantung kebutuhan. Misalkan aja nih untuk yang tertarik belajar di zenius online, kamu bisa dapat pilihan voucher 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan 12 bulan. Trus, harganya juga tidak sampai menyentuh angka jutaan, eh malah ga sampai 500k. Cukup terjangkau, kan? Cocok nih buat kalian yang kepengin self study rasa bimbel offline tapi ga ada waktu untuk les dan biayanya terjangkau. Hehe.
Kedua, beli satu voucher zenius online, bisa akses semua video. Buy one, get more than two. Kayak aku nih, niat nya beli voucher zenius 1 bulan buat belajar TPA, eh ternyata aku bisa ngakses video-video yang lain. Mau akses video-video bimbingan UN, ngulang-ngulang materi SMA atau bahkan materi SD juga bisa banget. Jadinya, di sela-sela belajar TPA, materi SMA dulu yang dirasa ga paham, aku pelajarin lagi. Kesempatan yang kayak gini yang mungkin ga bisa aku dapetin kalo ikut bimbel yang lain.
Ketiga, cara ngajar tutornya. Beda juga unik. Beda dari segi tampilan video nya dan unik cara ngajarnya. Penyampaian materinya ringkas dan sangat mudah dipahami. Gaya bahasa tutornya aja informal banget, pake “gue elo”. Emang sih awalnya kerasa kagok tapi kemudian bisa nyaman dan akhirnya malah lebih mempermudah dalam memahami materinya. Memahami tenses di zenius english juga lebih mudah :) .
Keempat, zenius learning nya itu lohh.. kerenn bangett.. Seperti mendapat brainwashing sebelum belajar ke materinya. Skill-skill belajar nya aku terapin bahkan sampai sekarang. Self concept, Goals and Motivation nya itu mantap. Important Thinking Tools dan Solusi Mengatasi Masalah Belajar nya berguna banget. Oiyaa, jadi inget kalau pernah dengar saran dari Bang Sabda tentang salah satu time management saat ujian yaitu jangan terlalu lama ngulik-ngulik soal. Padahal ini kerjaan favorit aku dulu, doyan ngulik-ngulik soal waktu ujian, eh tiba2 gelagapan karena kurang 10 menit udah harus dikumpulin padahal masih ada beberapa soal yang belum dikerjain. Coba ‘cung tangannya, siapa yang sering nglakuin hal kayak gtu? Wkwkwk. Hal-hal yang seperti ini juga belum pernah aku rasain waktu ikut bimbel atau les privat.
Kelima, zenius blog. Menurutku, blog ini udah jadi daya tarik kuat yang ngebuat aku jadi makin betah belajar di zenius. Bahkan meski sekarang udah ga jadi pengguna zenius, aku masih tetep jadi pengunjung zenius blog.
Diantara artikelnya yang menarik untuk dibaca:
Siapakah Orang Asli Pribumi Indonesia
4 Rumus Penting Dalam Memilih Jurusan Kuliah
Gimana Caranya Milih Jurusan Kuliah Yang Tepat?
Bahasa yang Berubah: Kemajuan atau Kemunduran?
Ngejar IPK Tinggi Atau Aktif Organisasi / Kepanitiaan?
Yuk Bareng-Bareng Mengukur Lingkar Bumi!
ZeniusMeme: Ekspresi Gokil Para Pengguna Zenius!
Secara keseluruhan, aku suka banget belajar secara online di zenius. Seru. Nggak ngandelin prediksi dan rumus cepat atau hafalan terus besoknya lupa. Ketemu soal yang udah dimodifikasi sekalipun, masih bisa ngerjainnya, karena udah paham konsepnya. Jadi, belajar konsepnya sampai matang itu perlu banget. Dan yang paling penting belajar jadi ga kerasa beban.
Belajarku di zenius emang singkat.. Cuma sebulan.. Tapi kesan dan rasa seru nya belajar yg ditinggalkan zenius tuh masih kerasa sampai sekarang. Rasanya tuh kayak dapat pengalaman intelektual selama sebulan di zenius (ceileee :D).


0 komentar:

Posting Komentar